PENGERTIAN
Promosi
penjualan
adalah kegiatan komunikasi antara perusahaan dan konsumen sebagai
usaha untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian sesuai
keinginan dan kebutuhannya. Bagian penjualan atau pemasaran dari sebuah
perusahaan akan mengembangkan promosi (promotion) untuk menginformasikan
mengenai produk mereka sehingga dapat mempengaruhi konsumen untuk
membelinya.
PENGERTIAN PROMOSI
MENURUT BEBERAPA AHLI:
Promosi
sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan
manfaat dari produknya dan untuk meyakinkan konsumen agar membeli. (Philip
Kotler, 1997:142)
Promosi
sebagai salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang sangat penting
dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk jasa (Rambat
Lupiyaadi, 2001:108)
Promosi
sebagai serangkaian teknik yang digunakan untuk mencapai sasaran penjualan atau
pemasaran dengan penggunaan biaya yang efektif, dengan memberikan nilai tambah
pada produk atau jasa baik kepada para perantara maupun pemakai langsung,
biasanya tidak dibatasi dalam jangka waktu tertentu. (Julian Cummins, 1991:11)
Ketiga
pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa kegiatan promosi bukan saja
berfungsi sebagai alat komunikasi antara perusahaan dan konsumen melainkan juga
sebagai alat untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian sesuai
keinginan dan kebutuhannya.
JENIS-JENIS PROMOSI
PENJUALAN
Untuk
menciptakan dan memelihara keunggulan pembeda (differential advantage) dari apa
yang ditawarkan pesaing maka sebagian besar produk dan merek yang berhasil akan
membutuhkan promosi penjualan yang dilakukan dengan menggunakan alat-alat
promosi. Menurut Peter dan Olson:2000,181-185, ada 4 jenis promosi penjualan,
yaitu:
1. Iklan
Iklan
(Advertising) adalah penyajian informasi nonpersonal mengenai produk, merek,
perusahaan atau toko yang dilakukan dengan bayaran tertentu. Iklan ditujukan
untuk mempengaruhi afeksi dan kognisi konsumen. Pada iklan biasanya ditampakkan
organisasi yang mensponsorinya. Dalam praktiknya, iklan telah dianggap sebagai
manajemen citra (image management), menciptakan dan memelihara citra dan makna
dalam benak konsumen. Iklan dapat disajikan melalui berbagai macam media (TV,
radio, cetakan majalah, surat kabar, papan billboard, papan tanda, dan
macam-macam media).
2. Promosi
Penjualan
Promosi
penjualan (Sales promotion) adalah rangsangan langsung yang ditujukan kepada
konsumen untuk melakukan pembelian. Banyaknya jenis promosi penjualan termasuk
di dalamnya penurunan harga temporer melalui kupon, rabat, penjualan multi
kardus, kontes dan undian, perangko dagang, pameran dagang, dan ekshibisi.
3.
Penjualan Personal
Penjualan
personal (personal selling) melibatkan interaksi personal langsung antara
seorang pembeli potensial dan seorang penjual. Penjualan personal dapat menjadi
metode promosi yang hebat untuk 2 alasan berikut.
·
Pertama,
komunikasi personal dengan salesman dapat meningkatkan keterlibatan konsumen
dengan produk dan atau proses pengambilan keputusan. Oleh karena itu, konsumen
dapat lebih termotivasi untuk masuk dan memahami informasi yang disajikan
salesman tentang suatu produk.
·
Kedua,
situasi komunikasi saling silang/interaktif memungkinkan salesman mengadaptasi
apa yang disajikannya agar sesuai dengan kebutuhan informasi setiap pembeli
potensial. Beberapa produk konsumsi tertentu biasanya dipromosikan melalui
penjualan personal seperti produk asuransi
4. Publisitas
Publisitas
(publicity) adalah bentuk-bentuk komunikasi tentang perusahaan, produk, atau
merek si pemasar yang tidak membutuhkan pembayaran. Misalnya, penjabaran produk
atau merek baru, perbandingan merek di jurnal dagang, surat kabar, majalah
berita, diskusi di radio dan talk dhow di TV semuanya menyajikan berbagai
informasi produk bagi para konsumen. Kadangkala publisitas dapat lebih efektif
daripada iklan karena konsumen dapat dikatakan telah siap untuk menerima pesan
yang disampaikan. Di samping itu, komunikasi publisitas dapat dianggap lebih
berwibawa karena tidak disajikan oleh organisasi pemasaran.
PERAN PROMOSI PENJUALAN
1.
merangsang
permintaan oleh pengguna industri atau konsumen rumah tangga.
2.
memperbaiki
kinerja pemasran dari penjualan kembali
3.
sebagai
suplemen periklanan, penjualan tata muka, hubungan masyarakat, dan pemasaran
langsung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar