1. Pilih Platform yang Tepat untuk Website
Membuat
website adalah pondasi utama supaya jualan online Anda
semakin sukses dan berkembang. Jika di dunia nyata Anda punya toko fisik, di
dunia maya website adalah toko Anda. Anda tidak bisa sembarangan memilih
platform untuk website. Platform yang tidak tepat hanya akan merugikan Anda dan
tentu saja pelanggan Anda.
Platform pembuatan website rekomendasi kami adalah WordPress. WordPress adalah platform di balik pembuatan 30 persen website di seluruh dunia dan menjadikannya paling populer di antara platform pembuatan website lainnya.
Selain
itu, Anda juga perlu memilih ‘rumah’ terbaik untuk website Anda. Website yang
Anda buat menggunakan WordPress membutuhkan hosting. Hosting adalah
tempat untuk menyimpan semua file, dari gambar, HTML, hingga konten.
2.
Gunakan Tema Profesional
Setelah membuat website menggunakan WordPress dan menyewa
layanan hosting terbaik, yang perlu Anda lakukan adalah memilih tema
profesional. WordPress menyediakan banyak tema profesional secara gratis. Jadi
Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya.
3. Dapatkan Pelanggan
dari Trafik Organik
Hasil
pencarian di Google adalah sumber utama trafik bagi sebagian besar website.
Website Anda bisa lebih mudah ditemukan di hasil pencarian Google dengan
menerapkan teknik SEO. SEO atau Search Engine Optimization adalah kumpulan
panduan dan teknik untuk membuat website Anda search engine friendly.
4. Susun Strategi
Content Marketing
Content
marketing adalah strategi membuat konten yang berguna dan relevan untuk menarik
dan membangun audiens. Penerapan strategi content marketing memungkinkan Anda
untuk mendapatkan trafik yang berpotensi untuk menjadi konsumen.
Salah
satu cara paling efektif untuk menjalankan strategi content marketing adalah
dengan menambahkan blog ke website Anda. WordPress menyediakan fitur untuk
menambahkan halaman blog secara terpisah.
5. Buat Keputusan
Berdasarkan Google Analytics
Kebanyakan
para pebisnis pemula hanya memanfaatkan intuisi dan perkiraan untuk menentukan
keputusan penting untuk bisnis. Sayangnya, keputusan yang hanya berdasarkan
perkiraan dan intuisi bisa membuat bisnis Anda tidak terarah.
Ketika
membuat keputusan penting untuk bisnis sebaiknya gunakan data dan fakta yang
jelas dan akurat. Google Analytics dapat membantu Anda menyediakan data akurat
mengenai perkembangan yang terjadi di website Anda. Dari jumlah pengunjung
harian, penjualan, penghasilan, produk mana yang paling laku, halaman mana yang
memberikan kinerja bagus, hingga jumlah pengunjung yang meninggalkan website.
6. Manfaatkan Media
Sosial
Media
sosial tidak hanya memudahkan orang-orang untuk saling terhubung. Platform
media sosial juga dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan penjualan online
Anda. Mengingat penduduk Indonesia adalah pengguna aktif media sosial populer
seperti Facebook dan Instagram.
Agar
bisa meningkatkan penjualan online melalui media sosial, Anda perlu menyusun
strategi social media marketing yang tepat.
7. Aktif di Komunitas
Online
Komunitas
online seperti grup Facebook, Kaskus, Quora, Reddit, dan FemaleDaily dapat
membantu Anda memahami calon konsumen Anda. Temukan forum-forum online yang
berkaitan dengan industri Anda. Misalnya, jika Anda menjalankan bisnis
traveling, Anda bisa mengikuti forum-forum yang membahas tentang traveling dan
liburan.
Di
forum-forum tersebut Anda bisa menemukan tren terbaru di kalangan konsumen,
masalah yang dihadapi konsumen, dan bahkan masukan untuk industri Anda. Dengan
begitu Anda bisa meningkatkan kualitas produk atau layanan Anda berdasarkan
temuan dari forum-forum online tersebut.
8.
Tunjukkan Testimoni Pelanggan
Testimoni pelanggan bisa menjadi senjata Anda untuk meyakinkan
calon konsumen. Kumpulan testimoni pelanggan bisa mempengaruhi calon konsumen
yang sebelumnya ragu dengan produk Anda menjadi yakin untuk mencoba. Anda bisa
meletakkan testimoni pelanggan di halaman produk, landing page, atau bahkan
halaman utama website Anda.
9. Sediakan Berbagai
Macam Metode Pembayaran
Pelanggan Anda tidak hanya menggunakan satu bank tertentu. Ada
yang menggunakan BCA, BNI, Bank Permata, Bank Danamon, BRI, atau Bank Mandiri.
Ada juga yang lebih suka membayar melalui kartu kredit atau mobile payment
tertentu seperti Go-Pay, OVO, dan T-Cash.
Tawarkan
berbagai macam metode pembayaran untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam
membayar tagihan mereka. Menambah metode pembayaran turut membantu meningkatkan
penjualan online bisnis karena pelanggan memiliki banyak pilihan cara untuk
membayar. Salah satu contohnya adalah Niagahoster bekerja sama dengan Go-Pay
untuk mempermudah klien untuk membayar tagihan hosting, domain, atau VPS.
10.
Buat Iklan yang Jujur
Kejujuran
dalam membuat iklan adalah hal krusial untuk reputasi bisnis Anda. Anda memang
harus membuat iklan yang unik, kreatif, dan menarik. Akan tetapi, bukan berarti
Anda bisa menyisipkan klaim-klaim tidak jujur dalam iklan. Iklan yang tidak
jujur hanya akan memperburuk kredibilitas bisnis Anda di mata konsumen.
11.
Optimasi Mobile
Optimasi
website untuk perangkat mobile merupakan hal wajib untuk semua bisnis. Hal ini
disebabkan oleh perilaku pengguna internet Indonesia yang mayoritas menggunakan
perangkat mobile untuk mengakses internet.
Berdasarkan
riset Google, sebanyak 94 persen pengguna internet Indonesia
mengakses internet melalui perangkat mobile. Mayoritas pengguna internet
Indonesia mengakses internet melalui smartphone karena lebih mudah dan lebih
cepat diakses. Sebagai pemilik website Anda harus menjawab tantangan ini dengan
mengoptimasi kecepatan loading website di perangkat mobile.
Selain
penting untuk kenyamanan pengguna perangkat mobile, website yang dioptimasi
untuk perangkat mobile juga lebih disukai oleh Google. Sejak 2017, Google telah resmi menerapkan
mobile-first indexing yang artinya performa website Anda di perangkat mobile
menjadi salah satu faktor terpenting dalam penilaian Google. Lebih bagus
performa website di perangkat mobile, kemungkinan lebih tinggi pula peringkat
yang bisa diperoleh di hasil pencarian Google.
12.
Manfaatkan PPC
PPC
adalah kependekan dari Pay Per Click, salah satu model internet marketing di
mana pemasang iklan hanya perlu membayar setiap iklan yang diklik oleh target
audiens. Sistem periklanan seperti ini cocok diterapkan di berbagai jenis
bisnis, baik bisnis skala kecil, menengah, atau perusahaan besar sekalipun.
Sistem periklanan ini jamak digunakan oleh para perusahaan besar seperti
Google, Facebook, dan Instagram.
PPC
memungkinkan Anda untuk mengatur berapa banyak audiens yang ditargetkan untuk
suatu iklan. Anda bebas mengatur jumlah audiens iklan Anda, bisa 10 ribu
audiens, 20 ribu audiens, atau bahkan 50 ribu audiens. Tentu lebih banyak
audiens yang ditargetkan, lebih banyak juga uang yang Anda keluarkan.
Selain
itu, Anda juga bisa mempersempit spesifikasi audiens yang Anda targetkan.
Misalnya, bisnis Anda adalah pakaian bayi, Anda bisa menargetkan audiens yang
sesuai dengan target pasar Anda, yaitu ibu. PPC juga memungkinkan Anda untuk
menentukan target audiens berdasarkan lokasi sehingga Anda bisa fokus pada
lokasi tertentu yang menjadi sasaran bisnis Anda.
13. Terapkan Strategi
FOMO
FOMO adalah singkatan dari fear of missing out yang arti
harfiahnya “takut ketinggalan”. Fear of missing out adalah istilah psikologis
yang menggambarkan perilaku manusia yang gelisah jika ketinggalan tren atau
hal-hal yang menyenangkan.
Dalam
bisnis, Anda bisa memanfaatkan perilaku tersebut untuk meningkatkan penjualan
online. Pada dasarnya Anda perlu membangun kegelisahan calon konsumen Anda
dengan meyakinkan mereka bahwa promosi yang Anda tawarkan adalah langka dan
jarang terjadi.
14.
Tingkatkan Kecepatan Website
Untuk
menentukan ranking di hasil pencarian, Google menggunakan berbagai faktor.
Salah satu faktor utamanya adalah kecepatan loading website Anda. Semakin cepat
loading website, semakin bagus nilai website Anda di penilaian Google. Faktor
ini berlaku untuk hasil pencarian di desktop dan mobile.
Selain
itu, pengguna internet tidak sabar untuk mendapatkan yang mereka inginkan, baik
itu mendapatkan informasi maupun membeli produk. Menurut riset Google, 53
persen pengguna internet Indonesia meninggalkan website yang loadingnya lebih
dari 3 detik.
15. Manfaatkan Email
Marketing
Email
marketing adalah pengiriman pesan komersial seperti newsletter dan promosi
melalui email. Gary Thuerk adalah orang pertama yang
mengirimkan email marketing pada tahun 1978. Sejak saat itu, email dikenal
sebagai salah satu alat marketing yang efektif. Pada tahun 2017, dari 205
milyar email yang terkirim setiap harinya, 120 milyar di antaranya adalah email
bisnis yang di dalamnya termasuk email marketing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar