ᴘᴇɴɢᴇʀᴛɪᴀɴ ɪᴋʟᴀɴ
Menurut
KBBI, pengertian iklan adalah pesan atau berita yang bertujuan untuk mendorong,
membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang/ jasa yang ditawarkan.
·
Memberikan
informasi kepada khalayak mengenai suatu produk barang atau jasa, merek,
perusahaan, ataupun suatu ide. Iklan menggunakan bahasa persuasif dengan
menonjolkan kelebihan produk/ jasa yang ditawarkan.
·
Mempengaruhi
orang lain yang merupakan target market untuk menggunakan dan membeli produk
atau jasa yang ditawarkan kepada mereka.
ᴍᴀɴғᴀᴀᴛ ɪᴋʟᴀɴ
·
Produk atau
jasa yang diiklankan akan dikenal atau lebih terkenal di masyarakat luas.
·
Konsumen baru
semakin bertambah sehingga meningkatkan angka penjualan produk/ jasa yang
diiklankan.
·
Keuntungan
pihak pengiklan akan meningkat karena penjualan produk/ jasanya yang
diiklankan.
·
Meningkatkan brand awareness sebuah merek di
masyarakat luas sehingga masyarakat mudah mengidentifikasi produknya.
ᴄɪʀɪ-ᴄɪʀɪ
ɪᴋʟᴀɴ
1.
Informasi atau
pesan disampaikan secara komunikatif dan informatif
2.
Iklan
menggunakan kata-kata yang persuasif agar lebih menarik bagi orang lain.
3.
Menggunakan
kata-kata (diksi) atau
bahasa yang tepat, logis, sopan, dan mudah dimengerti oleh masyarakat atau
target market.
4.
Menjelaskan
tentang produk/ jasa dan cara kerja produk/ jasa tersebut.
sʏᴀʀᴀᴛ-sʏᴀʀᴀᴛ
ɪᴋʟᴀɴ
1.
Iklan harus
bersifat Obyektif, proporsional, dan jujur.
2.
Iklan harus
berisi informasi yang jelas, padat, dan mudah dipahami khalayak ramai.
3.
Iklan sebaiknya
dikemas sedemikian rupa agar menarik perhatian dan minat masyarakat.
4.
Iklan
seharusnya tidak menyinggung, menyakiti, atau merendahkan pihak/ produk lain.
ᴊᴇɴɪs-ᴊᴇɴɪs
ɪᴋʟᴀɴ
ᴀ. ᴊᴇɴɪs ɪᴋʟᴀɴ ʙᴇʀᴅᴀsᴀʀᴋᴀɴ ɪsɪ
1. íklαn pєmвєrítαhuαn (pєngumumαn)
Jenis iklan
ini bertujuan untuk menarik perhatian khalayak tertentu melalui sebuah
informasi atau pemberitahuan. Contoh iklan pemberitahuan:
·
Iklan berita duka cita
·
Iklan reuni alumni sekolah
2. íklαn pєnαwαrαn (níαgα)
Iklan jenis
ini bertujuan untuk menawarkan barang atau jasa kepada khalayak ramai. Contoh
iklan penawaran:
·
Iklan penawaran barang/ produk,
misalnya tas, sepatu, smartphone, dan lain-lain.
·
Iklan penawaran jasa, misalnya
jasa kurir, jasa pengobatan alternatif, dan lain-lain.
3. íklαn lαчαnαn mαsчαrαkαt
Iklan
jenis ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pencerahan kepada masyarakat
tentang suatu isu atau hal tertentu. Iklan layanan masyarakat dibuat oleh
lembaga atau instansi pemerintah atau organisasi non-profit.
ʙ.
ᴊᴇɴɪs ɪᴋʟᴀɴ ʙᴇʀᴅᴀsᴀʀᴋᴀɴ ᴍᴇᴅɪᴀ ʏᴀɴɢ ᴅɪᴘᴀᴋᴀɪ
1. íklαn cєtαk
Jenis
iklan ini dipasang pada media yang memakai teknik cetak, baik itu berupa laser,
sablon, letterpress, dan lain-lain. Contoh iklan cetak sering kita lihat di
surat kabar, majalah, tabloid, poster, stiker, dan lain sebagainya.
2.
íklαn єlєktrσník
Jenis iklan
ini memanfaatkan media berbasis perangkat elektronik seperti radio, televisi,
film, dan media digital interaktif (internet). Berikut adalah beberapa iklan
elektronik tersebut:
·
Iklan
radio: iklan radio hanya bisa
didengarkan saja karena bentuknya hanya suara (audio). Contoh iklan radio
adalah Ad-lib, Spot, dan Sponsor Program.
·
Iklan
televisi: iklan televisi terdapat unsur
suara, gambar, gerak, dan teks, sehingga lebih menarik bagi audiens. Beberapa
contoh iklan televisi adalah Live Action, Animation, Stop Action, Musik,
Sponsor Program, Running Text, Backdrop, Credit Title, Ad-lib, Promo Ad, dan
Superimposed.
·
Iklan
film: iklan film dapat dilihat ketika
kita melihat sebuah film/ cinema. Biasanya iklan tayang sebelum film dimulai
dimana bentuk iklan adalah live action, dan endorsement.
·
Iklan
media digital interaktif: iklan
jenis ini tayang di berbagai media online yang banyak pengunjungnya. Beberapa
jenis iklan di media digital diantaranya Banner & Button, Website,
Sponsorship, Search Engine Marketing, Email Marketing, Classified Ads, Social
Media Marketing, dan lain-lain.
·
Iklan
luar ruang: jenis iklan ini adalah
iklan elektronik yang berada di luar ruangan dan posisinya terlihat khalayak
ramai. Beberapa contoh iklan luar ruang ini adalah iklan transit, mobile
billboard, outdoor standar, display, dan lainnya.
ᴄ. ᴊᴇɴɪs ɪᴋʟᴀɴ ʙᴇʀᴅᴀsᴀʀᴋᴀɴ ᴛᴜᴊᴜᴀɴɴʏᴀ
Iklan
berdasarkan tujuannya dapat dibagi menjadi dua, yaitu iklan komersial dan iklan
non-komersial.
1.
íklαn kσmєrsíαl
Tujuan
iklan komersial adalah untuk mencari keuntungan ekonomi, atau untuk
meningkatkan penjualan. Jenis iklan komersial dapat dibagi tiga, yaitu:
·
Iklan
konsumen: ditujukan pada konsumen akhir (end
consumer) suatu produk.
·
Iklan
Bisnis: ditujukan kepada pihak yang dapat
mengolah atau menjual produk yang diiklankan kepada konsumen akhir.
·
Iklan
Profesional: ditujukan bagi segmen
tertentu, yaitu para profesional.
2.
íklαn nσn-kσmєrsíαl
Jenis
iklan non-komersial umumnya dibuat untuk tujuan memberikan informasi, ajakan,
dan edukasi terhadap masyarakat. Iklan ini tidak untuk mendapatkan keuntungan
ekonomi, namun untuk keuntungan sosial bagi semua masyarakat.
Keuntungan
yang didapat dari iklan tersebut adalah adanya pengetahuan, kesadaran, sikap,
dan perubahan perilaku masyarakat terhadap isu yang diiklankan. Contoh iklan
masyarkat misalnya kampanye Keluarga Berencana, iklan pentingnya pendidikan,
iklan bahaya rokok, iklan global warming, iklan bahaya demam berdarah, dan
lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar